Monday, 28 September 2020 - Buka jam 08.00 s/d jam 17.00 , Sabtu- Minggu libur
Home » Uncategorized » Manfaat Teknologi Tepat Guna Atau TTG

Manfaat Teknologi Tepat Guna Atau TTG

20 March , 2020 , Category : Uncategorized

Pengertian Teknologi Tepat Guna(TTG)

Teknologi tepat guna atau yang  disingkat dengan TTG adalah  teknologi yang digunakan dengan sesuai( tepat guna). Ada yang menyebutnya teknologi tepat guna sebagai teknologi yang telah dikembangkan secara tradisional, sederhana dan proses pengenalannya banyak ditentukan oleh keadaan lingkungan dan mata pencaharian pokok masyarakat tertentu.

Dengan demikian teknologi tepat guna mempunyai kriteria yang dapat dikatan sebagai TTG, yaitu:

Ø  Apabila teknologi itu sebanyak mungkin mempergunakan sumber-sumber yang tersedia banyak di suatu tempat.

Ø  Apabila teknologi itu sesuai dengan keadaan ekonomi dan sosial masyarakat setempat.

Ø  Apabila teknologi itu membantu memecahkan persoalan/ masalah yang sebenarnya dalam masyarakat, bukan teknologi yang hanya bersemayam dikepala perencananya.

Suatu yang harus diperhatikan bahwa, masalah-masalah pembangunan boleh jadi memerlukan pemecahan yang unik dan khas, jadi teknologi-teknologi tersebut tidak perlu dipindahkan ke negara-negara atau kedaerah lain dengan masalah serupa. Apa yang sesuai disuatu tempat mungkin saja tidak cocok di lain tempat. Maka dari itu tujuan TTG adalah melihat pemecahan-pemecahan terhadap masalah-masalah tertentu dan menganjurkan mengapa hal itu “sesuai”.

Ciri-ciri Teknologi Tepat Guna:

Sebagaimana telah dikemukakan pada kriteria dan syarat dan kesesuaian TTG, dapat dikemukakan ciri-ciri yang cukup menggambarkan TTG (walaupun tidak berarti sebagai batasan) adalah sebagai berikut:

  1. Perbaikan teknologi tradisional yang selama ini menjadi tulang punggung pertanian, industri, pengubah energi, transportasi, kesehatan dan kesejahteraan masyarakat di suatu tempat.
  2. Biaya investasi cukup rendah/ relatif murah.
  3. Teknis cukup sederhana dan mampu untuk dipelihara dan didukung oleh keterampilan setempat.
  4.  Masyarakat mengenal dan mampu mengatasi lingkungannya.
  5. Cara pendayagunaan sumber-sumber setempat termasuk sumber alam, energi, bahan secara lebih baik dan optimal.
  6. Alat mandiri masyarakat dan mengurangi ketergantungan kepada pihak luar (self-realiance motivated)

Manfaat Teknologi Tepat Guna:

Sebelum berbicara mengenai manfaat dari TTG, maka ada sebuah proses yang harus diketahui sebelum memperoleh manfaat dari TTG tersebut, yaitu penerapan teknologi tepat guna tersebut. Penerapan TTG adalah sebuah usaha pembaharuan. Meskipun pembaharuan itu tidak mencolok dan masih dalam jangkauan masyarakat, tetapi harus diserasikan dengan keadaan sosial, ekonomi dan budaya masyarakat setempat serta alam. Kalau tidak, maka usaha pembaharuan itu akan mendapat hambatan yang dapat menggagalkan usaha pembaharuan tersebut.

      Usaha pembaharuan itu dirancang sedemikan rupa sehingga seluruh masyarakat merasa bahwa pembaharuan adalah prakarsa mereka sendiri. Berarti di dalam pembaharuan teknologi itu, terdapat minat dan semangat dalam masyarakat tersebut.

Manfaat Teknologi Tepat Guna Dalam Wirausaha:

Dalam pembahasan terdahulu telah diketahui manfaat teknologi tepat guna secara menyeluruh, namun dalam pembahasan ini, membahas manfaat teknologi dalam dimensi yang khusus yaitu ketepan kita dalam menggunakan teknologi yang tepat dalam mengembangkan atau memajukan usaha. Wirausaha berkaitan dengan ekonomi, dimana pencipta barang sebagai pengkreatif akan memproduksi barang yang dibutuhkan halayak ramai atau konsumen.

Sebelum mengetahui manfaat TTG dalam wirausdaha, maka konsep utama yang mesti dipahami adalah beranjak dari sebuah pengetian wirausaha. Istilah wirausaha berasal dari entrepreneur (Bahasa Perancis) yang diterjemahkan dalam bahasa inggris. Pengertian wirausaha menurut Joseph Schumpeter adalah orang yang mendobrak sistem ekonomi yang ada dengan memperkenalkan barang dan jasa yang baru, dengan menciptakan bentuk organisasi baru atau pengahan bahan baku baru.

Menurut Peter F. Drucker kewirausahaan adalah kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda. Orang tersebut melakukan kegiatannya melalui organisasi bisnis yang baru ataupun bisa pula dilakukan dalam organisas bisnis yang sudah ada. Jiwa kewirausahaan mendorong orang untuk mendirikan dan mengelolah usaha secara fropesional . Hendaknya minat tersebut diikuti dengan perencanaan dan perhitungan yang matang.

sehingga pengusaha tidak rugi dalam memproduksi barang yang akan dijual. Adapun manfaat TTG dalam wirausaha yaitu:

  • Meningkatkan hasil produksi.

Seperti penggunaan mesin pengolah padi yang dibuat oleh M. Sauki, waktu musim panen raya tiba, jumlah gabah cukup banyak sedangkan permintaan pasar tidak bisa dicukupi dengan jumlah yang banyak akibat diolah secara manual, namun dengan adanya mesin pengolah ini, M.Sauki bisa memenuhi permintaan pasar dalam jumlah yang banyak dan waktu yang relatif hemat

  • Memudahkan pengusaha dalam memproduksi barang.

Adanya penggunaa teknologi yang tepat penggunaannya, memudah bagi pengusaha dalam memproduksi barang yang dibutuhkan. Misalnya penguaha pembuatan tikar bambu dari jawa timur. Mereka menggunakan alat sederhaana seperti gergaji, kampak dan alat bangunan berupa mesin bor yang digunakan pada saat proses pembuatan tikar. Tidak didunga, bahwa alat yang dugunakan untuk bangunan ternyata bisa dialihkan fungsinya kepada pekerjaan lain yang fungsi mekerjaannya tidak dirubah, ternyata cukup memudahkan bagi pengusaha tikar bambu dari jawa timur.

  • Memudahkan pemasaran produk.

Penggunaan handphone selama ini menjadi mode dan gaya dalam kita berhubungan dengan orang lain. Namun, sejumlah pengusaha petani seperti Sucipto di Klaten menggunakannya sebagai keperluan usahanya seperti melihat harga, barang yang dubutuhkan dan ketersedian barang di pasar serta tempat penjualannya. Sebagai mana yang diketahui bahwa konsep utama TTG adalah penggunaan teknologi baik yang baru maupun yang sudah ada dikenal ditengah masyarakat yang penggunaannya dimanfaatkan dengan sesuai.

  • Biaya produksi yang hemat.

Bila dibandingkan dengan harga produksi petani padi mengolah kepada industri biayanya akan terlalu besar dalam transportasi dan proses pemisahan gabah dari beras. Namun denegan adanya teknologi yang mampu bekerja seperti mesin industri, maka petani lebih hemat dari segi waktu dan bisa di olah langsung ditempat panen dengan menggunakan mesin tersebut tanpa harus di angkut dulu ketempat produksi. Kemudian biaya yang digunakanpun lebih kecil dan petani tidak susah lagi menjualnya kepasar dalam jumlah yang sedikit, tetapi dalam jumlah yang besar dan tinggal menjual di tempat.

Sumber: metrosulawesi.co.id

pencarian dari google:

  • mengapa perlu ada teknologi tepat guna

Manfaat Teknologi Tepat Guna Atau TTG

20 March , 2020 , Kategori : Uncategorized
Manfaat Teknologi Tepat Guna Atau TTG

Pengertian Teknologi Tepat Guna(TTG) Teknologi tepat guna atau yang  disingkat dengan TTG adalah  teknologi yang digunakan dengan sesuai( tepat guna). Ada yang menyebutnya teknologi tepat guna sebagai teknologi yang telah dikembangkan secara tradisional, sederhana dan proses pengenalannya banyak ditentukan oleh keadaan lingkungan dan... baca selengkapnya

Manfaat Buah Naga bagi Kesehatan

4 November , 2017 , Kategori : Uncategorized
Manfaat Buah Naga bagi Kesehatan

Manfaat Buah Naga bagi Kesehatan,  Buah menjadi salah satu kudapan sehat yang amat digemari masyarakat diberbagai kelas. Biasanya buah dikonsumsi secara langsung atau diolah menjadi jus. Salah satu buah yang kerap disajikan dalam bentuk jus ialah buah naga. Buah... baca selengkapnya

Teknologi Tepat Guna yang Mendukung Penguatan Sistem Inovasi di Daerah

11 April , 2017 , Kategori : Uncategorized
Teknologi Tepat Guna yang Mendukung Penguatan Sistem Inovasi di Daerah

Konferensi Nasional Teknologi Tepat Guna III Tahun 2016 “Teknologi Tepat Guna Untuk Mendukung Penguatan Sistem Inovasi di Daerah” Kerja Sama : Pusat Pengembangan Teknologi Tepat Guna – LIPI, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi dan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah... baca selengkapnya

Best Seller Mesin Potong kain Roll

13 January , 2016 , Kategori : Uncategorized
Best Seller Mesin Potong kain Roll

Mesin Potong Kain Roll yang mempunyai multi fungsi, yaitu : 1. Sebagai pemotong KAIN ROLL atau GULUNGAN. 2. Sebagai Mesin Penggulung kain (gulung ulang) sehingga padam tahun 2015 telah terjual hampir 20 unit tersebar di beberapa kota di Indonesia.... baca selengkapnya

Sejarah Teknologi Tepat Guna

14 October , 2015 , Kategori : Uncategorized
Sejarah Teknologi Tepat Guna

Teknologi tepat guna adalah ada sebuah gerakan idelogis (termasuk manifestasinya) yang awalnya diartikulasikan sebagai intermediate technology oleh seorang ekonom bernama Dr. Ernst Friedrich “Fritz” Schumacher dalam karyanya yang berpengaruh, Small is Beautifull. Walaupun nuansa pemahaman dari teknologi tepat guna sangat beragam di antara banyak... baca selengkapnya

Keranjang Belanja Anda
Jumlah Barang : pcs
  • saoman
    kepada sumber karya ; saya ingin mendapatkan mesin pemotong singgkong (kripik singkong) bagemana. saom »
  • Imam gozali
    Terima kasih pada Aneka mesin Semarang yang telah membuatkan mesin untuk usaha kami. Kami sangat terantu sekal »
  • Apay
    terimaksih AMS....dengan suply mesin bakso....usaha kami jadi rame kondeeee he.he.he...semoga sukses selalu... »
  • sumber_karya
    Terima kasih Pak Anto atas kepercaayanya kepada kami, smoga usaha Pak Anto juga semakin sukses...aamiin. SALAM »
  • Anto
    Alhamdulillah dengan mesin potong Kain roll yg saya beli di aneka mesin semarang.. produktifitas usaha kami l »
* klik gambar produk

7 RAHASIA BELAJAR BISNIS ONLINE

Submit URL

Submit ExpressSEO Services & Tools

Produk Karet

engine

Trend Mesin

Profesional Hosting

hosting

Solusi UMROH dan HAJI

umroh

SubmiiteX.com

free website promotion SubmitX.com

POJOK IKLAN

yANG MASNG IKLAN

WA. O85702120457


Hotline : 085702120457/087823921919 SMS Center : 087823921919 BB Messenger : anekamesin.semarang@gmail.com